Welcome to My Blog ^^ | This is My Blog so, I'm free to do anything with This ! | Don't Forget the Comment Please ^^

Kamis, 01 November 2012

Memotret Seperti Macro Dengan Lensa Zoom


Teman-teman pecinta fotografi, pasti ingin bisa memotre seperti itu bukan ? Nih, saya mau sharing tips and trick gimana saya bisa memotret seperti itu.

  1. Anda harus siapkan kamera anda (pastinya) 
  2. Ubah Exposure Program Anda ke Manual (M) yang ada di sebelah kanan kamera Anda. EP Manual ini membuat Anda leluasa dalam menyetel kamera Anda.
  3. Sesuaikan WB (White Balance) dengan cuaca ketika Anda sedang hunting. Ini penting untuk komposisi warna pada gambar. Yang saya gunakan ini Cloudy, karena memang sedang mendung.
  4. Carilah serangga yang akan anda jadikan sebagai objek, jangan terlalu kecil itu hanya untuk macro.
  5. Gunakan F-stop paling rendah yang dimiliki lensa anda.
  6. Gunakan Exposure Time dibawah 1/100sec karena 1/100sec mungkin akan membuat gambar menjadi gelap, atau sesuaikan dengan metering anda. Apabila masih terlalu gelap, naikan Flash anda. Yang saya gunakan ini 1/25sec dan saya menggunakan Flash karena masih terlalu gelap. Terkadang Flash dapat membuat komposisi warna lebih baik.
  7. Gunakan ISO terendah anda yaitu 100. ISO 100 akan membuat gambar lebih mendetail. Apabila ISO terlalu tinggi akan membuat gambar menjadi Noise atau terlihat berbintik seperti pasir.
  8. Gunakan Zoom maksimal dari lensa anda, yang saya gunakan ini lensa 55-250mm, jadi saya gunakan 250mm.
  9. Ubah titik fokusnya ke tengah dan sesuaikan dengan serangganya.
  10. Pastikan kamera anda fokus ke titik yang benar lalu, tekan tombol pelepas rana dan lihatlah hasilnya.

Untuk mendapatkan gambar seperti itu memang tidak mudah. Ada teman yang mengkritik saya, dia mengatakan kalau lebih baik memotret dari wajah serangga itu, hal itu akan membuat foto lebih WAH ! Benar juga, tetapi serangga itu berada di batang pohon secara Vertikal, jadi sulit sekali untuk memotret wajahnya dan dengan hasil foto yang saya peroleh itu, saya sudah bersyukur. SANGAT JARANG SEKALI saya bisa mendapatkan moment seperti itu dan foto itu adalah foto serangga pertama yang berhasil saya dapat selama 1 tahun memegang kamera DSLR dan saya belum berhasil mendapatkan gambar yang kedua. Semoga berhasil ya ? Jangan mudah menyerah 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar